Cara CBIS Memperbaiki Kualitas Produk dan Jasa Agar Perusahaan Dapat Mencapai Keunggulan Kompetitif

PENDAHULUAN

Computer Based Information System (CBIS) merupakan sistem pengolahan suatu data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dapat dipergunakan sebagai alat bantu yang mendukung pengambilan keputusan, koordinasi dan kendali serta visualisasi dan analisis.

Beberapa istilah yang terkait dengan CBIS antara lain adalah:
a)    Data merupakan kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian dan merupakan kesatuan nyata yang nantinya akan digunakan sebagai bahan dasar suatu informasi.
b)    Informasi merupakan hasil dari pengolahan data menjadi bentuk yang lebih berguna bagi yang menerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian nyata dan dapat digunakan sebagai alat bantu untuk pengambilan suatu keputusan.
c)     Sistem merupakan entitas, baik abstrak maupun nyata, dimana terdiri dari beberapa komponen yang saling terkait satu sama lain.
d)    Sistem Informasi merupakan sistem pembangkit informasi yang mampu menyediakan informasi yang berkualitas, tepat, cepat dan akurat sesuai dengan manajemen yang membutuhkannya.
e)     Sistem Informasi “berbasis komputer” mengandung arti bahwa komputer memainkan peranan penting dalam sebuah sistem informasi.

                                                                    PEMBAHASAN

Untuk menghadapi era globalisasi dan tingginya tingkat kompetisi, manajemen persahaan khususnya CBIS perlu memperbaiki kualitas produk dan jasanya agar perusahaan dapat mencapai keunggulan yang kompetitif.

Ada beberapa strategi yang dapat dilakukan setiap perusahaan untuk dapat bersaing di era globalisasi dan mencapai keunggulan yang kompetitif yaitu:
1.      Penguasaan teknologi untuk menghasilkan produk barang maupun jasa.
Untuk mendapatkan produk atau jasa yang berkualitas tentunya didukung dengan penguasaan teknologi yang ahli.Adanya kelemahan di sektor produksi merupakan factor penghambat bagi perusahaan untuk bisa bersaing dan mendapatkan produk dan jasa yang berkualitas.Maka dari itu penguasaan teknologi sangatlah penting dikuasai oleh setiap manajemen perusahaan.
2.      Peningkatan kualitas sumber daya manusia.
Salah satu kunci memenangkan persaingan dalam dunia bisnis,jika ingin mendapatkan keunggulan kompetitif harus didukung dengan sumber daya manusia yang berkualitas.
Kursus, pelatihan dan sedikit refreshing mungkin dipandang sebagai sesuatu hal yang kurang penting oleh sebagian orang di level manajemen. Namun sebenarnya hal itu merupakan sarana yang tepat untuk melakukan pencerahan kembali tentang hal-hal yang telah dilakukan selama ini yang tentunya akan memberikan motivasi untuk peningkatan kerja di masa mendatang.
3.      Marketplace yang tepat.
Strategi pemasaran yang tepat sangat mempengaruhi kemajuan suatu perusahaan.Dimana teknologi dan internet merupakan salah satu strategi jitu yang patut dicoba oleh manajemen perusahaan.Karena Pemasaran produk barang dan jasa melalui internet yang kian merebak nampaknya memberikan pengaruh yang cukup besar bagi para eksekutif perusahaan.
4.      Terbentuknya sistem informasi yang akurat untuk membantu setiap pengambilan keputusan.
Di tengah lajunya kemajuan industri yang berbasis teknologi telekomunikasi dan informatika,informasi yang cepat dan akurat semakin menjadi kebutuhan pokok para decission maker. Informasi merupakan kebutuhan dasar yang diperlukan oleh setiap manajemen untuk melakukan pengambilan keputusan. Sedangkan suatu sistem informasi bertujuan untuk memasok segala kebutuhan informasi bagi mereka yang membutuhkannya. Sistem informasi yang tepat akan membantu kebijakan level manajerial dalam hal program-program dan rencana-rencana operasional serta sasaran yang akan dicapai oleh organisasi atau perusahaan.

                                                           KESIMPULAN

Computer Based Information System (CBIS) merupakan sistem pengolahan suatu data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dapat dipergunakan sebagai alat bantu yang mendukung pengambilan keputusan, koordinasi dan kendali serta visualisasi dan analisis. Ada beberapa cara CBIS memperbaiki kulitas produk dan jasa agar perusahaan dapat mencapai keunggulan kompetitif, yaitu :
1.      Penguasaan teknologi untuk menghasilkan produk barang maupun jasa.
2.      Peningkatan kualitas sumber daya manusia.
3.      Marketplace yang tepat.
4.     Terbentuknya sistem informasi yang akurat untuk membantu setiap pengambilan keputusan.

                                                            REFERENSI

http://akmaldarmawansyarief.blogspot.com/2009/11/cbis-computer-based-information-system.html

http://www.scribd.com/doc/26808806/S-I-M

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s