Tugas Akhir = Tugas Yang Tidak Berakhir-akhir

Sebagai mahasiswa pasti akan melaksanakan pengerjaan tugas akhir atau penulisan. Penulisan ini biasanya didahului dengan magang atau penelitian. Selain sebagai syarat lulus, penulisan tugas akhir ini juga dimaksudkan untuk menilai hasil belajar mahasiswa selama dibangku kuliah sebelum terjun langsung ke dunia kerja.
Banyak mahasiswa yang berpikiran bahwa tugas akhir adalah sesuatu yang menakutkan, membuat mereka stress dan bingung ingin menulis apa. Hal seperti itu wajar karena Saya juga mengalaminya, hehe…
Saat ini Saya sedang duduk di tingkat akhir jurusan Akuntansi Komputer – Universitas Gunadarma. Di dalam kampus Saya, khususnya untuk jenjang D3 diwajibkan membuat sebuah tugas akhir yang disebut LKP (Laporan Kerja Praktek). Berbeda dengan mahasiswa di jenjang S1, mereka diwajibkan membuat 2 tugas akhir. Pertama pada tingkat 3 membuat penulisan ilmiah dan pada tingkat 4 membuat skripsi. Mahasiswa jenjang S1 pun akan mengikuti 2 kali sidang, sidang P1 dan Skripsi.
Penulisan Ilmiah dan laporan Kerja Praktek sebenarnya sama, namun biasanya laporan kerja praktek didahului dengan praktek kerja lapangan (PKL) / magang, sedangkan penulisan ilmiah hanya dilakukan dengan cara analisis atau meminta data saja.
Sebenarnya simple saja menurut Saya untuk membuat sebuah tugas akhir :

  • Pertama, tentukan dahulu judul / topik apa yang kira-kira akan Anda tulis, sesuaikan dengan kemampuan dan materi yang pernah didapat di bangku kuliah.
  • Kedua, cari tempat PKL / magang yang sesuai dengan topik / judul yang telah diinginkan. Oiya, cari tempat magang ini tidak semudah yang kalian pikir loh. Untuk antisipasi sebaiknya kalian menaruh surat permohonan magang dibeberapa tempat. Faktor “orang dalam” juga membantu agar kalian dapat magang dengan mudah.
  • Ketiga, pada saat magang ikutilah aturan yang berlaku disana agar tetap manjaga nama baik almamater. Pada saat magang, Anda juga dapat mulai menyicil tugas akhir Anda. Bahan tulisan dapat Anda dapat dari apa yang Anda kerjakan selama magang, buku penunjang, wawancara / interview kepada karyawan disana serta internet.
  • Keempat, apabila magang anda telah selesai maka tugas akhir tersebut dapat diselesaikan selama waktu kuliah di saat senggang.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s